PERAN PEMASARAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MEMASUKI JENIS-JENIS PASAR YANG DIPILIH DALAM KONDISI TERTENTU
NAMA : EVITA SANIA YOLANDA
KELAS : 1EB17
NPM : 28216429
MATA
KULIAH : PENGANTAR BISNIS
DOSEN
: IZZANI ULFI, S.E, M.IEF
A. PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
Pengertian secara sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan
penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pengertian secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya
penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli
yang melakukan uang untuk membli barang dengan harga tertentu
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing):
Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip
Kotler dan Amstrong: Pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial
yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan
inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai
dengan oranglain.
c. Pemasaran adalah
suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merenanakan-
menentukan harga promosi dan mendistribusikan barang! Barang yang dapat memuaskan
keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut Stanton: Pemasaran
adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan
menentukan harga mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat
memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
B. JENIS-JENIS PASAR
Saat ini jenis-jenis pasar dapat dibedakan dengan beberapa kategori
seperti jenis-jenis pasar menurut sifat dan waktu jadinya, berdasarkan
wujudnya, berdasarkan luas jangkauannya, berdasarkan hubungan dengan
proses produksi, berdasarkan struktur pasar. Berikut penjelasan dari
setiap jenis-jenis pasar seperti dibawah ini:
a. Berdasarkan Sifat dan Waktu Terjadinya
Bentuk pasar menurut sifat dan terjadinya dapat dibedakan menjadi berikut...
- Pasar Harian, adalah suatu pasar yang dilaksanakan setiap hari, contoh pasar harian adalah pasar sentral, pasar tanah abang
- Pasar Mingguan, adalah suatu pasar yang dilaksanakan setiap satu minggu satu kali, contohnya pasar senin dan pasar minggu.
- Pasar Tahunan, adalah pasar yang dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, contoh pasar tahunan adalah pasar raya jakarta (PRJ).
- Pasar Temporer, adalah pasar yang pelaksanaannya sewaktu-waktu terjadi, contoh pasar temporer adalah bazar dan pasar murah.
b. Berdasarkan Wujudnya
Bentuk pasar menurut wujudnya meliputi pasar konkret dan pasar abstrak antara lain...
- Pasar Konkret (pasar nyata) adalah pasar tempat terjadinya hubungan secara langsung antara penjual barang dengan calon pembeli, contoh pasar konkret adalah pasar tradisional, supermarket, mall, serta swalayan, dan lain-lain.
- Pasar Abstrak (pasar tidak nyata), adalah pasar di mana antara pembeli dan penjual bertemu, tetapi barang yang diperjual belikan tidak secara langsung dapat diperoleh oleh pembeli. Pada pasar abstrak penjual hanya memperlihatkan contoh-contoh barang yang dijual, contoh pasar abstrak adalah telemarket dan pasar modal.
c. Berdasarkan luas Jangkauannya
Bentuk pasar menurut luas jangkauannya dapat dibedakan menjadi sebagai berikut...
- Pasar Lokal adalah suatu pasar yang pelaksanaannya dalam bentuk lokal atau daerah tertentu.
- Pasar Nasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara penjual dengan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah dalam satu negara, contoh pasar nasional adalah pasar cengkih di manado, pasar kakao di makassar, pasar tembakau di sumatra dan lain-lain.
- Pasar Internasional adalah suatu pasar sebagai pertemuan antara pembeli dengan penjual di berbagi negara contoh pasar internasional pasar karet di malaysia, pasar tembakau di Bremen, dan pasar Kopi di Amerika.
d. Berdasarkan Hubungan dengan Proses Produksi
Bentuk proses menurut hubungannya dengan proses produksi dapat dibedakan menjadi berikut....
- Pasar Input (Pasar faktor-faktor produksi) adalah pasar yang memperjualbelikan hasil-hasil produksi alam berupa hasil pertanian, tanah dan tenaga kerja, serta barang modal.
- Pasar Output (Pasar Produk) adalah pasar yang memperjuabelikan barang-barang hasil produksi (dalam bentuk barang jadi).
e. Berdasarkan Bentuk
Bentuk pasar berdasarkan bentuk dari struktur pasar dapat dibedakan menjadi berikut...
- Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market) adalah pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga, jadi harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran mencerminkan keinginan produsen.
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Inperfect Competition Market) adalah pasar dimana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar. Pasar persaingan tidak sempurna terbagi atas 3 jenis antara lain pasar monopoli, oligopoli, monopolistis. pasar monopoli adalah pasar yang bertindak sebagai penentu harga (price market), pasar oligopoli adalah adalah suatu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan, sedangkan pasar monopolistis adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang dengan jenis yang berbeda.
C. KONSEP-KONSEP DARI PEMASARAN
- The Production concept: Bahwa konsumen akan menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.
- The product concept: Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus.
- The selling concept: Konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk perusahaan kecuali jika perusahaan melakukan usaha penjualan dan promosi dalam skala besar.
- The marketing concept: Untuk mencapai tujuan organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dengan memuaskan pelanggan secara lebih efektif dan efisien dari pada yang dilakukan pesaing.
- The customer concept: Pertumbuhan laba melalui sharing pelanggan, loyalitas, dan nilai seumur hidup.
- The social marketing concept: Merupakan konsep pemasaran yang pelaksanaannya disertai dengan menjaga dan meningkatkan pelanggan dan masyarakat
D. MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran berasal
dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong
pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari
program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan
perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (Planning),
pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.. Jadi
dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan,
penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan,
membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar
sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan–tujuan organisasi.
1. Keadaan permintaan dan tugas pasar
a. Permintaan Negatif (negatif demand):
Adalah keadaan sebagian terbesar dari segmen pasar potensial yang penting tidak
menyukai produk atau jasa yang ditawarkan, bahkan mereka bersedia membayar
untuk menghindarinya. Tugas Pemasarannya adalah positif permintaan dan nama
resminya adalah conversional marketing.
b. Tidak ada permintaan (no demand):
Berarti orang tidak berminat sama sekali terhadap penawaran suatu produk atau
jasa.
2. Falsafah manajemen pemasaran
Faedah (utility) adalah kekuatan dari
suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
Kegiatan pemasaran menciptakan 4 faedah
:
a. Faedah waktu
Diciptakan dengan menyediakan produk
pada saat konsumen membutuhkan untuk membelinya.
b.Faedah tempat
Faedah yang diciptakan dengan
menyediakan produk pada tempat yang strategis apabila konsumen ingin
membelinya.
c. Faedah milik
Diciptakan dengan mempersiapkan
pemindahan hak milik dari penjual kepada pembeli.
d. Faedah informasi
Diciptakan dengan memberikan informasi
tentang penawaran suatu produk kepada konsumen.
E. BAURAN PEMASARAN
Bauran pemasaran merupakan suatu perangkat yang akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran bagi perusahaan, dan semua ini di tunjukan untuk memberikan kepuasan kepada segmen pasar atau konsumen yang dipilih. Pada hakekatnya bauran pemasaran (marketing mix) adalah mengelola unsur-unsur marketing mix supaya dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan tujuan dapat menghasilkan dan menjual produk dan jasa yang dapat memberikan kepuasan pada pelanggan dan konsumen.
Kotler (2000:18) mendefinisikan bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran. Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel terkendali yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan. Mc Carthy (Kotler, 2000:18) mempopulerkan sebuah klasifikasi empat unsur dari alat-alat bauran pemasaran yang dikenal dengan empat P (four PS) yaitu produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place), promosi (promotion):

1. Produk: Produk merupakan unsur pertama dan yang paling penting dalam bauran pemasaran. Perencanaan bauran pemasaran dimulai dengan memformulasikan suatu penawaran yang dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen.
2. Price: Harga merupakan suatu elemen marketing mix yang menghasilkan penerimaan penjualan, sedangkan elemen-elemen lainya hanya menimbulkan biaya. Kerena menghasilkan penerimaan penjualan , maka harga mempengaruhi tingkat penjualan, tingkat keuntungan, serta share pasar yang di dapat oleh perusahaan
3. Place: Place atau tempat merupakan gabungan antara lokasi dan keputusan atas saluran distribusi, dalam hal ini berhubungan dengan bagimana cara penyampaian kepada para konsumen dan dimana lokasi yang strategis.
4. Promotion: Bagaimana perusahaan mengkomunikasikan produk/jasanya kepada saluran distribusi dan pasar sasarannya untuk mempengaruhi sikap dan perilaku mereka. Promosi dibedakan menjadi 3, yaitu; penjualan pribadi (personal selling), penjualan massa (mass selling), dan promosi penjualan (sales promotion).
F. TUJUAN SISTEM PEMASARAN
a. Memaksimalkan konsumsi dimana konsumen bebas mengkonsumsi atau memakai produk yang mampu mereka beli.
b. Memaksimalkan kepuasan konsumen, sebab hanya produk yang memuaskanlah yang akan dibeli oleh konsumen. Mengapa demikian? Karena produsen tidak hanya satu. Satu sama lain tentu memberikan yang terbaik bagi konsumen agar bisa memenangkan persaingan.
c. Memaksimalkan pilihan konsumen. Keinginan manusia beragam. Contoh: Soal sepatu, baju dengan bahan berkualitas ataupun merek, lalu rambut dengan bermacam warna, dan gaya, maupun harga yang sangat beraneka ragam. Hanya dengan adanya pemasaranlah selera yang beragam tersebut bisa dipenuhi. Kenapa? Kembali lagi bahwa pemasaran dimulai dengan mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen, baru menciptakan produk untuk memenuhinya.
d. Memaksimalkan kualitas hidup. Dengan konsumsi yang lebih tinggi, kepuasan yang lebih besar serta piliham yang lebih banyak. Tentu hasil akhir yang dipeoleh konsumen adalah meningkatnya kualitas hidup.
G. PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN
-Pendekatan
serba fungsi
Memiliki
fungsi pokoknya adalah :
- Penjualan
- Pembelian
- Pengangkutan
- Penyimpanan
- Pembelanjaan
- Penanggungan resiko
- Standardisasi dan grading
- Pengumpulan informasi pasar
-Pendekatan
serba lembaga
Lembaga tersebut adalah: Supplier yang
menyediakan bahan kepada produsen, Produsen yang mengolah bahan menjadi barang
jadi, Perantara pedagang , Pedagang besar dan pengecer, Perantara agen,
Perusahaan saingan, Pembelian akhir.
-Pendekatan
serba barang
Disebut
juga pendekatan organisasi industri, merupakan suatu pendekatan pada pemasaran
yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari
titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.
-Pendekatan
serba manajemen
Memplajari
pemasaran menitik beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka
ambil.
-Pendekatan
serba sistem
Sumber
pemasaran adalah : kumpulan lembaga-lembaga yang melakukantugas pemasaran,
barang,jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan
pengaruh, dan membentuk serta mengetahui hubungan perusahaan dengan pasarnya.
KESIMPULAN:
Pemasaran merupakan sekumpulan rancangan
kegiatan yang berkaitan untuk mengetahui
kebutuhan konsumen dan pengembangan, mendistribusikan, mempromosikan, serta
menetapkan harga yang sesuai dari produk atau jasa untuk mencapai kepuasan
pelanggan dan memperoleh keuntungan. Strategi
pemasaran mencakup pengidentifikasian konsumen
sasaran, menentukan peranan periklanan dan bauran promosi, menunjukkan tujuan
dan besarnya anggaran promosi, memilih strategi kreatif, menentukan media, serta melaksanakan
program tersebut dan mengukur
efektifitasnya. Dalam kegiatan strategi pemasaran ini tidak luput dari kegiatan komunikasi yang merupakan
faktor penting bagi pencapaian suatu tujuan
organisasi bisnis.
Referensi Penulis:
Bilson Simamora, Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitable, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2003
Komentar
Posting Komentar